Edi Langkara

Dimuat pada: 31 Januari 2012

 

Edi Langkara berniat maju di Pemilukada Halmahera Tengah, Maluku Utara yang dijadwalkan berlangsung pada 2012 ini. Sebagai politisi lokal, ia telah mengalami jatuh-bangun dalam karirnya di daerah yang terkenal kaya tambang itu. Lantas, apa gagasan tokoh muda ini dalam pengembangan wilayahnya? Simak wawancaranya dengan Rina Dwi Andini berikut ini:

Bidang – bidang apakah yang menjadi kekurangan atau kelemahan daripada Kabupaten Halmahera tengah?

Selain bidang fasilitas kesehatan & pendidikan, infrastruktur serta industri rakyat yang bertopang dengan potensi wilayah sekitar juga merupakan bidang-bidang yang masih harus diperjuangkan peningkatannya bagi pembangunan kesejahteraan masyarakat di Halmahera Tengah.

Bidang – bidang apa saja yang menjadi potensi atau keunggulan Kabupaten Halmahera Tengah ?

Sebagaimana diketahui bahwa Halmahera Tengah adalah wilayah kepulauan yang kaya akan hasil laut serta memiliki gunung berapi yang dapat berpotensi sebagai sumber energi geo thermal bagi kemandirian energi disana. Di Halmahera Tengah juga terdapat potensi bagi pertambangan beberapa jenis mineral yang dibutuhkan oleh pasar dunia, sehingga dari beberapa contoh potensi tersebut saja sudah dapat dijadikan harapan bagi tercapainya pembangunan wilayah sebagaimana Halmahera Tengah yang dicitakan.

Kondisi ideal seperti apakah yang dicitakan untuk dicapai bagi Kabupaten Halmahera tengah ?

Untuk suatu kondisi & posisi sosial ideal yang kami citakan bagi Kabupaten Halmahera Tengah saat ini dan mendatang, adalah tercapainya tingkat kemaslahatan serta kesejahteraan masyarakat Halmahera Tengah baik secara material maupun spiritual..’Aamiin

Program seperti apakah yang kiranya cocok sebagai formulasi program pembangunan di Kabupaten Halmahera tengah ?

Dibutuhkan pelaksanaan suatu design mekanisme sistem program-program kerja solutive yang komprehensive yang mencakup pembangunan dalam bidang-bidang Pendidikan, Kesehatan, Pelatihan Kerja, Alih tekhnologi, UKM serta pertambangan dan bidang-bidang Industri rakyat.

Bagaimana strategi yang terbaik yang ingin dilaksanakan untuk membangun Kabupaten Halmahera tengah ?

Strategi yang terbaik bagi pelaksanaan pembangunan di Halmahera Tengah adalah dengan melaksanankan secara bertahap suatu design mekanisme sistem pembangunan solutive yang inovative serta bersifat komprehensive dengan melibat aktifkan segenap unsur masyarakat yang ada, sehingga dapat menjamin kesinambungan dan pencapaian target keberhasilan daripada pelaksanaan program kerja tersebut.

Hal – hal apa saja yang dirasa dapat menjadi halangan atau rintangan dalam melaksanakan pembangunan di Kabupaten Halmahera tengah ?

Dalam kita memperjuangkan sesuatu apapun tentulah kita akan menghadapi berbagai halangan atau rintangan, namun hal tersebut bagi saya bukanlah suatu kendala, melainkan berupa tantangan yang tentunya pula telah kami perhitungkan dan persiapkan strategi – strategi yang efisien dan efektive sebagai solusinya

Bagaimana proyeksi peluang Anda dalam Pilkada di mendatang Kabupaten Halmahera tengah ??

Di era demokrasi dan keterbukaan seperti saat ini, saya kira peluang bagi masing-masing kandidat pemimpin daerah dalam Pilkada adalah sama, karena masyarakat saat ini telah lebih memahami kandidat mana yang benar-benar dapat mewujudkan amanat dan aspirasi serta harapan nya selama ini.

Hal – hal apa sajakah yang akan menjadi prioritas kebijakan Anda jika kelak terpilih sebagai kepala daerah? Kabupaten Halmahera tengah ?

Sebagaimana saya memandang akan pentingnya pelaksanaan suatu design mekanisme sistem pembangunan yang komprehensive dan berkesinambungan tadi, maka dalam pelaksanaannya pun adalah merupakan suatu mekanisme sistem pembangunan yang komprehensive dengan penerapan pembangunan mental & spiritual masyarakat sebagai simpul dasar daripada pelaksanaannya.

Apa yang akan Anda lakukan bagi Kabupaten Halmahera tengah seandainya Anda tidak terpilih ?

Kepesertaan saya dalam Pilkada Halmahera Tengah ini semata sebagai wujud perjuangan kami untuk dapat membangun dan menciptakan kemaslahatan serta kesejahteraan masyarakat dan tanah leluhur kami ini, oleh karena itu dengan atau tanpa Pilkada ini, kami akan tetap berjuang serta membahu dengan segenap komponen dan unsur-unsur yang ada bagi terciptanya masyarakat dan bumi Halmahera Tengah yang maslahat dan sejahtera lahir – batin, baik saat ini maupun masa mendatang. Insya Allah.

Nilai artikel ini
(5 Penilai)
Ke Atas